tugas 1 Nama,kelas,nim,Made Leo Aditya_MB 39-05_1401154271


Soal

Menganalisis factor apa saja yang kemungkinan terlibat dalam pembuatan suatu produk atau advertising:

  • Factor eksternal

  • Factor internal

  • Produk positioning

  • Brand personality

Jawab

1 faktor eksternal

eksternal organisasi yang menyususun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah :

a. Faktor Ekonomi

Berpengaruh terhadap penentuan jumlah permintaan produk dan besarnya biaya yang di keluarkan untuk menghasilkan produk perusahaan.

b. Faktor Sosial

Mempengaruhi suatu perusahaan mencakup keyakinan, nilai, sikap, opini yang berkembang, dan gaya hidup dari orang-orang di lingkungan di mana perusahaan beroperasi.

c. Faktor Politik dan hukum

Faktor politik dan hukum mendefinisikan parameter-parameter hukum dan bagaimana pengaturan perusahaan harus beroperasi.

d. Faktor Teknologi

Adanya perubahan teknologi dapat mendorong munculnya kesempatan bisnis dan perbaikan upaya pencapaian tujuan organisasi, tapi dapat juga sebagai ancaman bagi kelangsungan produk yang sudah ada.

e. Faktor Pemerintah

Peran pemerintah dalam mekanisme penyampaian produk dari produsen ke konsumen sangat besar. Alat kendali pemerintah melalui berbagai paket kebijakan fiskal dan moneter ternyata cukup efektif untuk mempengaruhi dinamika bisnis.

f. Faktor Demografi

Faktor demografi ini diantaranya adalah ukuran populasi, struktur umum, distribusi geografis percampuran etnis serta distribusi pendapatan.

2 Faktor internal

yang biasa di butuhkan adalah seperti motivasi dan kompensasi, karena dengan kedua hal tersebut akan dapat membuat karyawan semakin semangat bekerja.

3 produk positioning

dengan cara mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa produk yang di buat memiliki standar mutu yang ketat dan di buat dengan bahan pilihan yang berkualitas sehingga masyarakat mempercayai produk tersebut dengan mutu dan kualitas yang tinggi.

4 brand personality

jika inggin membuatnya di butuhkan nama yang simple dan menarik, karena jika brand tersebut simple maka akan lebih mudah di ingat oleh pelanggan, dan dapat jika nama itu menarik maka pelanggan satu akan mengenalkan produk tersebut ke temannya yang lain, dan hal ini akan membuat produk positioning perusahaan tersebut semakin terkenal.

Contohnya : seperti AQUA, banyak orang membeli air mineral di toko/warung mengatakan pak/ibu beli aqua tetapi yang di ambilkan oleh pemilik toko tersebut air mineral merek lain, ini berarti produk positioning aqua sangat kuat di masyarakat, dan juga brand personalitynya simple iya itu AQUA.

Nama : Made Leo Aditya

Kelas : MB 39-05

NIM : 1401154271


Leave a Reply