TUGAS 1 PERILAKU KONSUMEN


Soal:

Menganalisa faktor apa saja yang kemungkinan terlibat dalam pembuatan suatu produk atau advertising:

  1. Faktor eksternal

  2. Faktor internal

  3. Produk positioning

  4. Brand positioning

Jawaban:

Nama produk: iPhone

◇ Faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan suatu produk:

• Faktor ekternal:

  1. Lingkungan sosial

Kebanyakan dari para pengguna iPhone memilih menggunakan iPhone dipengaruhi oleh lingkungan sekitar mereka yang terlebih dahulu sudah menggunakannya. Banyak pengguna iPhone yang tidak puas dengan tipe iPhone yang mereka miliki. Tidak puas dengan kata lain mereka selalu ingin membeli tipe-tipe keluaran terbaru dari merek tersebut tanpa dipertimbangkan lagi bagi mereka dengan memiliki seri terbaru itu membuat mereka jauh lebih bahagia walaupun aplikasi di dalamnya tidak jauh berbeda.

  1. Belief and attitudes

Suatu sikap dan kepercayaan yang ditunjukan oleh seseorang terhadap suatu barang yang mereka miiki. Kebanyakan dari iPhone itu mempunyai rasa bangga karena iPhone merupakan barang mewah yang berbeda dengan handphone lainnya. Keyakinan mereka memilih iPhone yaitu karena aplikasi didalamnya berbeda yang tidak terdapat di handphone lainnnya. Maka dari itu pengguna iPhone akan loyal terhadap merek tersebut karena aplikasi yang ditawarkan membuat mereka bertahan dengan keyakinan yang dimilki tersebut.

> Dari kedua faktor eksternal tersebut yang mempengaruhi Apple selalu megeluarkan produk-produk/seri-seri iPhone terbarunya secara berkala dan sudah terjadwal.

• Faktor internal:

  1. Sasaran pasar yang dibidik

Pasar yang dibidik Apple Inc. antara lain kalangan pelajar, pekerja, pemerintahan, serta masyarakat internasional. Apple menyadari bahwa kaum profesional muda yang jumlahnya terus berkembang (terutama mereka yang sukses lewat bisnis online) akan menjadi konsumen alat komunikasi canggih yang setia. Oleh karena itu, kampanye pemasaran produk iPhone sejak seri pertama selalu menonjolkan hal-hal yang akan menarik perhatian kaum muda dan profesional yaitu produk yang canggih, trendi dan serba bisa.

  1. Tujuan

Steve Jobs mengatakan bahwa tujuan Apple didirikan bukanlah untuk mendapatkan uang. Tujuan didirikannya Apple adalah mendesain dan membangun lalu memberikan barang-barang bagus ke masyarakat. Apple percaya dengan cara begitu, orang-orang akan menyukainya dan sebagai gantinya, perusahaan akan mendapatkan uang.

◇ Produk positioning:

Semua produk dari Apple (dalam hal ini iPhone) memposisikan produknya sebagai produk eksklusif dan berbeda dibandingkan dengan produk pesaingnya. Karena hal itu Apple memberikan kesan bahwa produknya adalah produk untuk kalangan atas. Bahkan untuk produk termurah mereka sekalipun.

◇ Brand personality:

Apple (dalam hal ini iPhone) memposisikan produknya sebagai produk yang eksklusif. Apple memberi kesan sebagai produk high class.

◇ Perceptual map: (attachment)


NAMA : MONICA OCTAVIANI PUTRI

NIM : 1401154411

KELAS : MB-39-05


Leave a Reply