Tugas 1 perilaku konsumen


Faktor internal,yaitu kecakapan pribadi yang menyangkut soal bagaimana kita mengelola diri sendiri. Kecakapan pribadi seseorang terdiri atas 3 unsur terpenting, yaitu: (1) Kesadaran diri. Ini menyangkut kemampuan mengenali emosi diri sendiri dan efeknya, mengetahui kekuatan dan batas-batas diri sendiri, dan keyakinan tentang harga diri dan kemampuan sendiri atau percaya diri.
(2) Pengaturan diri. Ini menyangkut kemampuan mengelola emosi-emosi dan desakan-desakan yang merusak, memelihara norma kejujuran dan integritas, bertanggung jawab atas kinerja pribadi, keluwesan dalam menghadapi perubahan, dan mudah menerima atau terbuka terhadap gagasan, pendekatan dan informasi-informasi baru
(3) Motivasi. Ini menyangkut dorongan prestasi untuk menjadi lebih baik, komitmen, inisiatif untuk memanfaatkan kesempatan, dan optimisme dalam menghadapi halangan dan kegagalan

Faktor eksternal, yaitu kecakapan sosial yang menyangkut soal bagaimana kita menangani suatu hubungan. kecakapan sosial seseorang terdiri atas 2 unsur terpenting, yaitu:
(1) Empati. Ini menyangkut kemampuan untuk memahami orang lain, perspektif orang lain, dan berminat terhadap kepentingan orang lain. Juga kemampuan mengantisipasi, mengenali, dan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan.

(2) Keterampilan sosial. Termasuk dalam meyakinkan, membangkitkan inspirasi dan memandu kelompok, memulai dan mengelola perubahan, bernegosiasi dan mengatasi silang pendapat, bekerja sama untuk tujuan bersama, dan menciptakan sinergi kelompok dalam memperjuangkan kepentingan bersama.

Penempatan produk ( Positioning )

Yaitu tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar sasaran.

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk menetapkan posisi,

yaitu :

  1. Memposisikan produknya pada atribut produk spesifik
  2. Produk yang hanya diposisikan pada kebutuhan yang dipenuhi atau manfaat yang diberikan
  3. Memposisikan produk untuk kelas pengguna tertentu.

Pengaruh Brand personality

brand personality mampu membuat sebuah hubungan emosional yang kuat antara merek dengan konsumennya,

sesuatu yang sulit dicapai jika merek hanya mengandalkan keuntungan fungsional dan atribut merek semata. Orang bukan hanya membeli produk
dengan merek tertentu, namun merek merupakan suatu ekspresi diri pribadi seseorang.

Muhammad iffat fadhil
MB-39-05
1401154117


Leave a Reply