Tugas Perilaku Konsumen


Menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pembuatan suatu produk atau advertising

1. Faktor Eksternal
– Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.

2. Pengaruh Internal
– pengaruh dari diri sendiri, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan ini merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku.

3. Produk Positioning yang mempengaruhi Advertising.
– kebutuhan mendadak yang dialami seseorang ( ingin air minum : aqua, ingin pasta gigi : odol , kendaraan bermotor : honda)
– pengaruh budaya , pengaruh budaya Jepang pada advertising di Indonesia yaitu iklan produk yang membawa nama jepang / budaya jepang pasti disertakan baju adat jepang, bahasa, simbol dan gambar yang mencerminkan budaya jepang

4. Brand personality yang mempengaruhi advertising.
– kebutuhan sewaktu waktu ( bila ingin produk apapun pada saat perjalanan , konsumen pasti mencari indomart/alfamart).
– kebanyakan produk berasal dari brand tersebut membuat orang hanya tau brand tersebut . Contoh PT. Unilever yang menciptakan produk dengan Brand Unilever, tentunya dengan adanya banyak produk yang diciptakan oleh Unilever seperti sabun , pasta gigi, detergen, bakhan makanan dan minuman, konsumen menjadi menganggap semua produk sabun, pasta gigi, dan detergen semuanya berasal dari Unilever. Pada kenyataannya tidak semua sabun, pasta gigi, dan detergen berasal dari Unilever.

Nama : Nanda Duro Windania
NIM : 1401154551
Kelas. : MB 39-05


Leave a Reply